Syarat dan Ketentuan Booking Langsung Penyewa

Selamat datang di syarat dan ketentuan fitur Booking Langsung pada situs web (website) mamikos.com atau aplikasi Mamikos (selanjutnya disebut “platform”).

Sebagai upaya pemberian layanan yang maksimal kepada setiap pengguna atau user, Mamikos (selanjutnya disebut “Kami”) menerapkan syarat dan ketentuan untuk  digunakan sebagai acuan apabila ditemukan permasalahan di dalam penggunaan fitur Booking Langsung (selanjutnya disebut “Booking Langsung”). Kami menyarankan Anda sebagai pengguna atau calon pengguna kos atau Tenant (selanjutnya disebut “Anda”) untuk membaca Syarat dan Ketentuan Turunan (selanjutnya disebut “S&K Turunan”) ini secara berkala bersama dengan S&K Umum dan Kebijakan Privasi Data yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari S&K Turunan.

S&K Turunan ini berlaku sebagaimana mestinya dan wajib diperhatikan oleh Anda sebelum menggunakan Booking Langsung.

1. Definisi

Sebagaimana yang digunakan dalam S&K Turunan ini, istilah-istilah berikut memiliki artinya masing-masing sebagaimana yang dijelaskan di bawah:

a. Biaya Administrasi Booking Langsung atau Biaya Administrasi berarti biaya tambahan yang ditagihkan oleh Kami pada tagihan Tenant.
b. Biaya Layanan berarti biaya layanan untuk transaksi yang besarnya sesuai pada kebijakan Kami dan akan Kami dipotong langsung dari transaksi yang Kami terima.
c. Booking Langsung berarti fitur yang Kami sediakan pada situs web (website) Mamikos.com atau aplikasi Mamikos yang memungkinkan Tenant dapat memesan terlebih dahulu (booking) dan melakukan pembayaran kepada Owner melalui MamiPAY.
d. Deposit berarti uang yang dijaminkan oleh Tenant ketika Kontrak dibuat dan ditagihkan pada transaksi pertama. Deposit akan dikembalikan sesuai kesepakatan antara Tenant dan Owner pada saat jangka waktu Kontrak berakhir.
e. Harga Sewa berarti biaya yang dibebankan kepada Tenant yang yang di dalamnya terdapat komponen: i) pembayaran utuh (full payment), atau ii)  pembayaran di muka (down payment atau DP) dan pembayaran pelunasan dibayarkan sesuai dengan Hitungan Sewa yang disepakati antara Tenant dan Owner.
f. Hitungan Sewa berarti jangka waktu yang digunakan untuk mengirimkan tagihan Transaksi sesuai kesepakatan antara Tenant dan Owner
g. Jadwal Pembayaran adalah tanggal-tanggal dimana Tenant memiliki kewajiban untuk menyelesaikan transaksi tagihan sesuai Nominal Tagihan.
h. Jangka Waktu Kontrak berarti jumlah waktu dalam  hari/minggu/bulan/tahun atas tanggal Kontrak dimulai hingga tanggal Kontrak selesai. 
i. Kontrak berarti kesepakatan sewa antara Owner dan Tenant yang dikelola melalui Sistem.
j. MamiPAY berarti sistem billing management dan pembayaran pada platform Kami melalui pilihan-pilihan payment gateway (seperti bank, fintech, merchant) yang disediakan didalamnya dan dapat digunakan oleh Tenant untuk melakukan pembayaran Nominal Tagihan. 
k. Nominal Tagihan berarti total biaya yang harus dibayarkan Tenant pada setiap Transaksi yang timbul selama jangka waktu Kontrak. Nominal Tagihan terdiri dari Harga Sewa, Deposit (apabila ada), Biaya Prorata (apabila ada), Biaya Tambahan Tetap (apabila ada), Biaya Tambahan Lainnya (apabila ada) dan Biaya Administrasi.
l. Owner atau Pemilik berarti pemilik dari properti Indekos (kos) yang namanya tertera pada surat kepemilikan properti sebagai pihak yang sah berdasarkan hukum atau pengelola yang memiliki hak pengelolaan atau kuasa untuk mengelola kos yang didaftarkan dan bisa dibuktikan secara hukum melalui suatu dokumen yang dianggap sah berdasarkan hukum di Indonesia.
m. Rekening berarti rekening resmi atas nama Kami yang Kami gunakan untuk menerima pembayaran dari Tenant atau nomor virtual account yang Kami sediakan secara resmi pada situs web (website) Mamikos.com atau aplikasi Mamikos.
n. Sistem Kelola Tagihan atau Sistem berarti sistem yang berfungsi untuk mengelola tagihan Tenant, Booking Langsung dan laporan transaksi untuk Owner selama menggunakan situs web (website) Mamikos.com atau aplikasi Mamikos.
o. Tagihan berarti resi yang dikirimkan kepada Tenant yang wajib dibayar oleh Tenant sebelum Kontrak disepakati. 
p. Tambahan Biaya Lainnya berarti biaya tambahan atas layanan tertentu dan dibebankan kepada Tenant di luar Harga Sewa dan Tambahan Biaya Tetap. Tambahan Biaya Lainnya ini akan ditagihkan secara tidak rutin (insidental dan diatur oleh Owner).
q. Tambahan Biaya Tetap berarti biaya tambahan atas layanan tertentu dan dibebankan kepada Tenant di luar Harga Sewa. Tambahan Biaya Tetap tetap ditagihkan secara rutin di setiap Transaksi dan diatur oleh Owner.
r. Tenant atau Penyewa atau Penghuni berarti calon atau penghuni kos yang menggunakan fitur Booking Langsung. 
s. Transaksi berarti aktivitas sewa dan pembayaran secara daring (dalam jaringan) ataupun manual yang dilakukan oleh Tenant kepada Owner melalui Sistem.

Istilah-istilah yang menggunakan huruf besar yang didefinisikan dan digunakan dalam S&K Turunan ini berlaku secara sama untuk kedua bentuk tunggal atau jamak dari istilah yang didefinisikan tersebut. Apabila konteksnya mungkin mempersyaratkan, setiap kata ganti benda mencakup bentuk maskulin, feminin dan netralnya. Kata-kata “mencakup” dan ”meliputi” dianggap diikuti oleh frasa “tanpa pembatasan”.

2. Hak dan Kewajiban Tenant

a. Hak Tenant selama menggunakan Booking Langsung antara lain:

i. Mendapatkan dukungan teknis dari Kami.

ii. Menerima informasi status Transaksi. 

iii. Menerima informasi status Kontrak. 

iv. Menempati tipe kamar atau properti yang telah disepakati dan dipilih pada platform.

v. Mengajukan permintaan pembatalan (cancelation, pengembalian (refund), pindah (relocation) dan penjadwalan kembali (reschedule) sesuai dengan ketentuan S&K Umum.

b. Kewajiban Tenant  selama menggunakan Booking Langsung antara lain: 

i. Melengkapi data pribadi Anda sesuai formulir yang disediakan pada platform.

ii. Anda wajib melakukan check in melalui platform Kami sesuai dengan tanggal yang tertera pada Kontrak. Apabila dalam waktu 1×24 jam sejak tanggal check in Anda tidak melakukan perubahan status tersebut maka Sistem secara otomatis akan merubah status check in  Anda.

iii. Memberikan informasi yang sebenar-benarnya mengenai data pemesanan, Kami tidak bertanggung jawab atas sanksi hukum yang mungkin berlaku atas kerugian yang diakibatkan oleh data pemesanan yang tidak benar.

iv. Memastikan Kontrak yang diberikan oleh Owner benar dan sesuai sebelum melakukan pembayaran, Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan data Kontrak setelah pembayaran dilakukan.

v. Melakukan pembayaran sesuai Kontrak yang telah disepakati dengan Owner. Seluruh pembayaran dilakukan secara daring atas Tagihan pada Rekening yang dikirimkan hanya oleh Kami demi keamanan Transaksi. Kami tidak bertanggung jawab atas seluruh Transaksi di luar Sistem Kami.

vi. Menyelesaikan segala permasalahan, sengketa, perbedaan pendapat (“Perselisihan”) termasuk namun tidak terbatas terkait permintaan pengembalian atau refund, permintaan perbaikan atau peningkatan fasilitas kos yang terjadi antara Anda dengan Owner dengan baik dan membebaskan Kami dari segala tuntutan, permintaan ganti kerugian dalam bentuk apapun atas perselisihan yang timbul.

vii. Dalam hal terjadi permintaan pengembalian dana ataupun pembatalan Anda setelah Kami melakukan disbursement pembayaran kepada Owner atau Anda telah melakukan check in pada tanggal yang tersebut pada Kontrak, maka permintaan pengembalian dapat Anda ajukan secara langsung dengan Owner. Kami tidak bertanggung jawab atas penggantian dalam bentuk apapun akibat pembatalan tersebut namun demikian Kami berdasarkan kebijaksanaan Kami dapat menawarkan bantuan komunikasi penyelesaian antara Owner dan Tenant.

3. Biaya Transaksi dan Pembayaran

a. Tenant wajib melakukan pembayaran Tagihan dengan cara daring (dalam jaringan) melalui Sistem yang telah Kami sediakan.

b. Tenant wajib untuk menolak apabila diperintahkan oleh Owner untuk membayar Tagihan diluar metode pembayaran ditentukan pada S&K Turunan ini. Kami tidak bertanggung jawab terhadap Transaksi diluar Sistem dan berhak menggunakan properti kamar yang didaftarkan oleh Owner, meskipun Tenant telah menghuni unit kamar tersebut tanpa pengembalian dalam bentuk apapun apabila ditemukan Transaksi yang dilakukan diluar Sistem Kami.

c. Tenant wajib membayar sesuai Nominal Tagihan. Pembayaran yang dilakukan tidak sesuai dengan Nominal Tagihan akan dikembalikan oleh bank terkait meskipun mendapatkan status Transaksi pada resi transfer. Lama pengembalian uang yang telah dibayarkan sesuai dengan kebijakan masing-masing bank dan diluar tanggung jawab Kami.

d. Tenant mungkin dikenakan biaya bank dan pajak yang berlaku (jika ada) dan dibebankan diluar Tagihan yang dikirimkan oleh Kami sesuai kebijakan masing-masing bank.

e. Tenant akan dikenakan Biaya Administrasi Booking Langsung pada saat pembayaran sewa bulanan, Biaya Administrasi ini digunakan untuk peningkatan layanan dan operasional Sistem.

4. Kebijakan Pengembalian Dana

a. Memperhatikan ketentuan pembayaran maupun S&K Umum, pengembalian dana hanya dapat diajukan oleh Tenant kepada Kami dengan memperhatikan ketentuan dan kondisi sebagaimana diatur dalam S&K Umum.

b. Pengembalian dana sebagaimana tersebut pada Butir 4.a ini di atas tidak termasuk pengembalian Biaya Administrasi Booking Langsung, biaya layanan, biaya lainnya yang diatur dalam S&K Umum maupun Deposit jika terjadi kerusakan atau pembatalan sesuai dengan kebijakan masing-masing Owner.

c. Kami hanya akan meneruskan pembayaran pengembalian dana ke Rekening yang Anda daftarkan kepada Kami. Dalam hal terdapat kegagalan transfer biaya pengembalian dikarenakan informasi rekening yang Anda berikan tidak tepat, tidak sesuai maupun terjadinya kesalahan input atas informasi Rekening yang Anda daftarkan di Kami maka, Anda memahami bahwa hal ini sepenuhnya adalah bukan kesalahan Kami, dan oleh karenanya Anda tidak dapat mengajukan tuntutan, klaim, gugatan, permohonan ganti rugi, kompensasi atau permintaan apapun dan kapanpun kepada Kami terhadap kesalahan tersebut. 

d. Kami tidak memiliki kewajiban atas pengembalian ataupun ganti rugi dalam bentuk apapun terhadap setiap pembayaran di luar Sistem atau platform Kami, oleh karenanya Kami menghimbau Anda untuk mengecek setiap pembayaran maupun melakukan Transaksi melalui Sistem Kami.

5.  Penghentian Sementara Layanan Booking Langsung

Penghentian layanan fitur Booking Langsung dapat disebabkan oleh alasan-alasan sebagai berikut:

a. Adanya inspeksi, perbaikan, pemeliharaan, dan/atau peningkatan sistem. Kami akan memberitahukan sebelumnya kepada Anda dengan memberikan notifikasi melalui aplikasi, tertulis, atau lainnya.

b. Adanya alasan tertentu untuk melindungi hak-hak dan/atau kepentingan Tenant, Owner, dan/atau Kami.

c. Apabila terdapat gangguan tiba-tiba terhadap fitur Booking Langsung dan/atau Sistem, Kami akan memberikan notifikasi melalui aplikasi, tertulis, atau lainnya.

6. Hak Kami

Kami atas pertimbahan terbaik menurut Kami dan/atau alasan lainnya yang wajar dalam rangka melaksanakan kewajiban Kami sehubungan dengan penerapan prinsip Know Your Customer, prinsip kehati-hatian, dan prinsip bisnis lainnya yang bertujuan untuk menjaga Kami terhadap Transaksi yang patut dianggap mencurigakan, tidak sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undang serta potensi terjadinya pelanggaran (fraud) dapat berhak untuk melakukan upaya-upaya sebagai berikut:

a. meminta data ataupun informasi tambahan atau melakukan verifikasi lebih lanjut kepada Anda maupun pihak ketiga lainnya untuk memvalidasi dan mengkonfirmasi Transaksi yang terjadi dalam kondisi-kondisi tertentu;

b. menahan pembayaran Kami kepada Anda dalam hal patut untuk dicurigai dan terbukti berdasarkan data dan pertimbangan Kami bahwa terjadinya pelanggaran (noncompliance) maupun kecurangan (fraud) Transaksi pada platform Kami;

c. tidak meneruskan pembayaran yang Kami terima kepada Anda dalam hal patut untuk dicurigai dan terbukti berdasarkan data dan pertimbangan Kami bahwa terjadinya pelanggaran (noncompliance) maupun kecurangan (fraud) Transaksi pada platform. Selanjutnya pembayaran yang Kami terima dapat Kami kembalikan kepada pihak yang melakukan pembayaran; 

d. memberikan teguran kepada Anda terhadap terjadinya pelanggaran (noncompliance) maupun kecurangan (fraud)

e. menonaktifkan listing properti Anda, akun Anda untuk jangka waktu tertentu ataupun selamanya pada platform  Kami; 

f. memasukkan Anda pada daftar hitam Kami atas terjadinya pelanggaran (noncompliance) maupun kecurangan (fraud) dan menolak semua permintaan listing yang Anda ajukan di kemudian hari; dan/atau

g. melakukan upaya hukum baik secara perdata maupun pidana terhadap setiap pelanggaran (noncompliance) maupun kecurangan (fraud) yang terjadi.

7. Pembaruan 

S&K Turunan ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kami menyarankan untuk membaca secara seksama dan memeriksa kembali laman S&K ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan tetap mengakses dan menggunakan platform, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam S&K Turunan yang ada. Anda memahami bahwa versi terbaru dari S&K Turunan ini akan menggantikan semua versi sebelumnya. 

Kami dapat menyediakan tautan ke situs ataupun aplikasi lain yang dikelola oleh pihak lain, dan dengan mengklik tautan tersebut Anda dengan menyatakan, mengakui, dan menyetujui bahwa tindakan tersebut adalah tindakan sukarela Anda untuk melihat atau memasuki situs lain yang tidak diawasi atau ditanggung oleh Kami.

8. Lain-lain

Tidak sahnya atau tidak dapat dilaksanakannya suatu ketentuan atau suatu bagian dari suatu ketentuan dalam S&K Turunan ini tidak mempengaruhi keabsahan bagian-bagian lain dari ketentuan yang tidak sah tersebut serta keabsahan ketentuan-ketentuan lain dari S&K Turunan ini.

Judul pasal/butir dalam S&K Turunan ini berdasarkan pertimbangan praktis saja dan tidak dapat dipergunakan untuk menafsirkan isi dari pasal/butir dalam S&K Turunan ini.

Diperbaharui pada tanggal 21 Januari 2021
©
Mamikos.com

Apakah artikel ini membantu Anda?